Crimson Peak

Crimson Peak

Sebenarnya waktu liat trailer film ini, saya pikir ini film horror. Guillermo del Toro (GdT) emang lebih terkenal dengan film-film creature-nya, seperti Mimic atau Pan's Labyrinth, tapi GdT juga suka membuat film-film horror gothic seperti The Devil's Backbone atau Cronos.

Dan ternyata saudara-saudara, GdT emang tidak membuat film horror! Sekali lagi, Crimson Peak itu bukan film horror, tapi film drama percintaan dengan elemen hantu, bukan horror! Tidak ada momen-momen kejutan seperti The Ring, atau Insidious, dsb. Well, ada seh jump-scare tapi agak jarang.

Ceritanya sendiri dimulai dengan percintaan segitiga antara Edith Cusing dengan Dr. Alan McMichael & Thomas Sharpe. Setelah Thomas berhasil memenangkan hati Edith, dia memboyong Edith ke rumahnya yang angker yang dijuluki "Crimson Peak". Di dalam rumah itu Edith mengalami berbagai gangguan super-natural. Edith pun sedikit-demi-sedikit mempelajari masa lalu kelam keluarga Sharpe.

Ghosts are real. Horror is not.

Secara cerita sendiri, film ini gak terlalu spesial. Premise dan suspense-nya lumayan, tapi ditengah film, hampir semua teka teki sudah terpecahkan, sehingga penutup film ini kurang greget. Dari unsur horror, sekali lagi, ini bukan film horror. Dari segi 'kaget gak? Serem gak?', saya bilang yah… lumayan. Hanya saja porsi kaget-nya itu sedikit banget, unsur drama yang mendominasi film ini.

Hanya saja dari segi teknis, film ini top banget. GdT memang terkenal sangat memperhatikan detail, termasuk dalam film ini. Detail lokasi, bangunan, kostum, semua bener-bener keren abis. Baju-baju yang dipake gak cuma terkesan gothic dan klasik tapi juga sangat … grandoise, megah, mewah, speechless! Belum lagi rumah Crimson Peak, wow, besar, angker, misterius, bobrok tapi tetap terlihat bekas-bekas kemewahannya. Istilah GdT, eye protein, not eye candy.

Akhirnya, kalo ngarepin film horror, Crimson Peak sekali lagi bukan film horror! Jangan ngarep ada adegan ala Insidious atau Conjuring disini. Juga bukan film potong-potong-mutilasi ala Saw. Crimson Peak adalah film drama percintaan dengan bumbu horror gothic yang dikelilingi keserahan dan kerakusan manusia serta visualisasi yang indah. That's all! Saya saranin nonton film ini di layar paling besar yang ada untuk menikmati visualnya, hanya saja sekali lagi, bukan horror!

Pada akhirnya saya berpikir, kalo Crimson Peak tidak menghasilkan duit yang memuaskan buat Universal Studio, saya ragu GdT bakal bisa menelurkan Pacific Rim 2 (yang sekarang saja statusnya sudah 'tidak jelas'); apalagi Hell's Boy 3… Ah, nasibmu, Gipsy Danger…


Posted By: admin
Posted On: Oct-20-2015 @ 12:05am
Last Updated: Oct-28-2015 @ 01:18am

There is no comment

More Comments/Post Your Own