Print This Page

Seriously

Doctor Strange (Indeed)

Tweet
Doctor Strange (Indeed)

Akhirnya setelah lama terasing dari peradaban, karena istri hamil [dan kemudian gugur cry ], kami pun bisa kembali ke peradaban manusia yang penuh dengan komersialisme, dan salah satunya menonton di bioskop. Kali ini film yang kami pilih adalah film superhero Marvel, Doctor Strange.

Doctor Strange bercerita tentang (tentu saja) Dr Strange (Benedict Cumberbatch), seorang ahli bedah terkenal yang luar biasa jago banget, tapi juga arogan, egois dan sombong. Sampai suatu hari, dia mengalami kecelakaan yang menyebabkan tangannya bergetar terus menerus. Tentu saja hal ini berarti karirnya sebagai dokter bedah sudah tamat. Walaupun begitu, mantan kekasihnya, Christine Palmer (Rachel McAdams) dengan telaten merawatnya. Tidak dinyana Dr Strange yang frustasi dengan kondisinya malah mengusir Christine.

Kemudian dia mendapatkan kabar dari teman sejawatnya bahwa ada mantan pasiennya yang sudah divonis lumpuh total tapi ternyata bisa berjalan. Dr Strange pun mencari mantan pasien tersebut, dan diketahui bahwa dia bisa sembuh berkat bimbingan dari guru supranatural yang hidup di Nepal.

Maka Dr Strange pun mencari guru tersebut. Ketika ia bertemu sang guru, The Ancient One (Tilda Swinton), dia baru ngeh bahwa dunia ini hanya satu dari 'unlimited' dimensi! Dan banyak kekuatan supra natural dari dimensi lain yang mengincar Bumi.

Akhirnya Dr Strange pun belajar untuk menyembuhkan dirinya, sambil digembleng untuk menjadi penjaga Bumi bersama para pelindung lainnya.

Strange Indeed

Komik Dr Strange mungkin bukan judul yang terlalu familiar dengan penonton Indonesia. Lebih asing daripada (misalnya) Deadpool ataupun Suicide Squad. Bahkan sebenernya konsep Dr Strange itu sendiripun cukup unik.

Dalam komik Dr Strange, para super hero Marvel itu hanya menjadi salah satu dimensi saja. Di luar dimensi super hero, masih banyak dimensi-dimensi lain yang lebih luar biasa lagi, musuhnya saja lebih besar dari Bumi!

Kemudian jika pada cerita super hero, Marvel berusaha mati-matian menjelaskan bahwa semuanya itu adalah teknologi, seperti Iron Man kekuatannya dari robotik. Spiderman dari mutan hasil eksperimen. Ant Man membutuhkan kostum khusus. Bahkan kekuatan Thor pun dijelaskan sebagai teknologi luar binasa. Tapi pada Dr Strange, justru berkebalikannya! Semua kekuatan Dr Strange berasal dari dimensi lain, yang disebut sebagai SIHIR! Yah, mirip-mirip Harry Potter lah.

Maka gak heran kalau dalam cerita Dr Strange itu dengan mudah waktu dapat dibalikan, para penyihir bisa berpindah tempat dengan sekejap, bisa menghasilkan sesuatu dari udara, dan ada dunia cermin seperti cerita Doraemon. Kemudian dikenal juga roh, bahkan roh bisa berkelahi dengan roh lain.

Makanya ketika saya pertama kali melihat trailer Dr Strange, saya berharap film ini lebih serius dan agak 'gelap'. Tapi ternyata oh ternyata, film ini memang benar-benar khas Marvel. Komedi pun bertaburan disini sana dengan cerita yang tipis banget, dan plot yang melompat-lompat.

Film origin memang cukup sulit dibuat, karena terlalu banyak karakter yang harus diceritakan, motivasi tokoh utama, hubungan dengan karakter lain, dsb. Tapi toh, Spiderman 1-nya Tobey McGuire & Deadpool berhasil membuat film origin yang cukup bagus. Pada film ini, saya kurang mendapatkan feel tersebut. Saya ngerasa terlalu banyak pertanyaan yang tidak terjawab, dan diperparah dengan plot yang terlalu cepat. Belum selesai menceritakan hal satu, tiba-tiba pindah ke cerita lainnya.

Dari segi special effect, pada satu sisi, luar biasa banget. Visualnya bener-bener megah. Pada saat berpindah ke dunia cermin, mereka bisa melipat-lipat gedung lebih gila daripada Inception. Bahkan mereka bisa memutar-mutar kamera penonton sampai pusing. Tapi pada sisi lain, efeknya yang terlalu banyak malah mengganggu konsentrasi. Saat penonton berkonsentrasi dengan pertarungan (yang sejujurnya, biasa saja), pada saat yang sama gedung ikut berlipat-lipat, kamera juga berputar-putar, karakter ikut berlompat dari samping, dari atas, dan mobil ikut berlalu lalang melawan gravitasi, sibuk banget, bahkan terlalu sibuk.

Seriously

Ini memang film Marvel. Penuh humor. Cerita yang tipis. Plot yang melompat-lompat. Jujurnya Dr Strange sama sekali bukan film yang buruk. Efek yang luar biasa. Konsep sihir yang benar-benar fresh. Dan akting cukup apik dari Benedict Cumberbatch membuat film ini cukup enak untuk ditonton. Hanya saja jika mencari film superhero dengan cerita yang menawan, silahkan cari lagi.

Rating: 65%


Posted By: admin
Posted On: Nov-09-2016 @ 02:45pm
Last Updated: Nov-14-2016 @ 11:27pm

There is no comment

More Comments/Post Your Own


Powered by qEngine
Generated in 0,011 second | 15 queries