Dunkirk

Dunkirk

Dunkirk bukanlah merk sebuah donat, makanya ketika sang istri berkata, "nonton apa? Dunkin? Film sejarah donat gitu?" Film sejarahnya bener, tapi bukan sejarah donat. Untung kami membeli tiket lewat online, kalo lewat kasir, bisa-bisa kasirnya bingung.

Dunkirk adalah nama sebuah pelabuhan di Prancis. Nama ini terkenal karena pada tahun 1940 (WW2), prajurit Inggris dan Prancis yang berjumlah 400,000-an terpojok oleh serangan Jerman. Karena posisinya yang sangat strategis (di depan Jerman, di belakang laut), prajurit Inggris & Prancis tidak bisa berbuat banyak selain berharap diselamatkan.

Tapi proses penyelamatan tidak mudah karena daratan terdekat harus ditempuh melalui perjalanan laut yang cukup jauh, dan selama perjalanan laut, kapal-kapal besar seperti destroyer menjadi sasaran empuk para pesawat bomber.

Untuk itulah pemerintah Inggris meminta bantuan pada para pemilik kapal kecil (seperti perahu nelayan, kapal pesiar, dsb) untuk membantu mengevakuasi prajurit Inggris. Maka sekira 800 kapal berpartisipasi dalam salah satu sejarah penyelamatan terbesar. Sejarah lebih lanjut bisa dilihat di Wikipedia.

Versi Nolan

Film Dunkirk sendiri tidak menghabiskan banyak waktu untuk menceritakan kenapa prajurit Inggris dan Prancis bisa terjebak di pelabuhannya sendiri. Juga tidak berkonsentrasi dalam strategi perang yang dilakukan Jerman. Bahkan tidak ada satu pun tentara Jerman terlihat di layar.

Film ini dibuka oleh beberapa tentara Inggris yang terlihat berusaha melarikan diri dari serangan tentara Jerman. Setelah satu-satunya tentara yang selamat itu berhasil mencapai pelabuhan Dunkirk, dia menyaksikan ratusan ribu tentara Inggris lain yang berbaris antri untuk diselamatkan.

Pada sisi lain, pemerintah Inggris enggan mengeluarkan kapal-kapal tempur besar karena kuatir akan menjadi sasaran empuk para bomber, selain lebih memilih mempersiapkan diri menghadapi serangan Jerman berikutnya.

Maka sesuai dengan sejarahnya, 400,000 an tentara Inggris & Prancis hanya bisa bertahan di tepi pantai sambil berharap keajaiban diselamatkan.

We Believe in Nolan!

Katakan bersama-sama, "I believe in Christoper Nolan! I believe he will deliver!" And so he did!

Menurut gw film ini cukup unik sebagai film perang. Karena umumnya film perang yang gw pernah nonton seperti The Thin Red Line atau Saving Private Lain, dst berfokus pada karakter-karakter tertentu dengan drama yang dibangun diantara karakter tersebut; diselingi perhitungan-perhitungan ahli strategi untuk menggerakan prajuritnya untuk meraih kemenangan; ditengah gempuran para musuh dengan desingan peluru dan ledakan-ledakan.

Nah di film ini, bahkan kebanyakan karakternya tidak memiliki nama! Kalaupun ada nama, hanya nama depan atau belakang saja, misalnya Prajurit Tommy & Pilot Collins. Sementara untuk drama, jangan bayangkan adanya drama berbasis karakter seperti John Miller-nya Saving Private Ryan.

Drama yang dibangun Dunkir lebih tepat disebut drama situasi. Drama yang terjadi karena situasi yang mencekam dan menakutkan. Semua orang memiliki kesempatan hidup yang sama, juga berarti pada scene berikutnya satu karakter bisa tiba-tiba tewas tertembak. Kita tidak mengenal satu pun tentara secara lebih pribadi. Tapi apakah kita memang butuh nama agar peduli dengan nasib tentara tersebut?

Film ini memang berfokus pada keadaan genting di tengah evakuasi. Bagaimana setiap orang berusaha keluar dari Dunkirk hidup-hidup. Bagaimana nyawa seseorang hanya berupa angka bagi para petinggi militer. Bagaimana traumanya seorang prajurit yang hampir tewas sehingga bersikap tidak logis. Tidak ketinggalan, aksi-aksi heroik dan patriotisme warga yang tidak kalah dengan prajurit dalam membela negaranya.

Dari segi plot, film ini dapat dibilang super tipis. Gimana gak tipis, karena berkutat dalam satu titik saja. Tapi plot tipis ini ditutupi dengan detail yang luar biasa. Penonton serasa dibawa ke dalam pertempuran sesungguhnya. Penonton seolah dapat merasakan sesak nafasnya saat hampir tenggelam. Bahkan istri gw sampai ikut menundukan kepala ketika pesawat bomber meluncurkan bomnya dengan suara yang memekakkan telinga.

Semua didukung oleh efek yang luar biasa, entah berapa ribu pemeran pendukung yang rela berbasah-basah di pantai (gak kebayang logistiknya), dan tentu saja musik luar biasa dari Hans Zimmer yang membuat situasi lebih mencekam.

Dari segi casting, well, tidak bisa dikatakan luar biasa, tapi situasi yang tercipta berhasil menutupi kekurangan akting. Konon Harry Styles bisa ikut serta di film ini melalui jalur casting, tanpa jalur KKN. Well, biarpun bagaimana seorang yang tidak memiliki pengalaman berakting bisa menjadi  salah satu pemeran utama film masih jadi pertanyaan.

Seriously…

Film dengan plot tipis biasa menjadi bulan-bulanan kritikus, tapi untuk film ini gw rasa memang fokusnya adalah menciptakan suasana pertempuran serealistis mungkin (tapi tanpa darah atau potongan tubuh). Dan tugas itu berhasil diemban Christoper Nolan dengan luar biasa.

Kayaknya sayang sekali kalau film sekaliber ini dinikmati di layar laptop 14" dengan speaker internal, apalagi modal bajakan. Gw sarankan cari layar terbesar di bioskop, dan duduk agak tengah, kemudian nikmati sensasi ketegangan medan tempur tanpa cerita yang ngejelimet. Yang pasti saat ngemil pop corn, jangan sampai mulutnya ternganga!

Rating: 75%


Posted By: admin
Posted On: Jul-27-2017 @ 10:55am
Last Updated: Jul-27-2017 @ 11:00am

There is no comment

More Comments/Post Your Own