Print This Page

Seriously

Membangun Warnet - Part 5: Koneksi

Tweet
Membangun Warnet - Part 5: Koneksi

Karena namanya juga warnet, tentu saja kita butuh koneksi internet yang baik, tapi berapa besar koneksi yang kita butuhkan?

Saya menyarankan (beban awal) minimal 1 pc klien = 0.2 mbps, dengan kondisi:

Multiplier

Dengan koneksi hanya 0.2 mbps/klien pasti browsing gak nyaman. Untuk itu kita gunakan multiplier, misalnya 5x, menjadi:

0.2 mbps x 5 multiplier = 1 mbps/klien

Kenapa harus memakai multiplier? Karena pada saat yang sama belum tentu semua PC mendownload konten dari internet. Untuk itu kita pakai multiplier untuk memaksimalkan kecepatan akses internet setiap PC, sehingga akses terasa cepat bagi klien. Memang resikonya saat semua klien mendowload secara bersamaan, akan terasa lebih lambat, tapi kasus seperti itu sangat jarang terjadi.

Multiplier untuk setiap warnet bisa saja berbeda tergantung pengalaman dan koneksi. Jika koneksi hanya 2 mbps dibagi 10 klien, multiplier mungkin hanya 2-3x.

Mikrotik

Fungsi utama mikrotik adalah mengatur pembagian kecepatan koneksi per klien. Tanpa mikrotik maka setiap PC klien akan saling berebut kecepatan akses, akibatnya satu PC bisa sangat amat cepat, sementara PC lain sangat amat lambat. Apalagi tidak jarang terjadi ada pemain yang membuka youtube, download lagu, chatting di facebook, sambil bermain game online pada saat yang sama (kisah nyata!). Jika kita tidak membatasi akses per PC, bisa dibayangkan PC yang lain pasti lambat banget.

Selain membatasi kecepatan akses per PC, mikrotik juga dapat diseting untuk membatasi kecepatan download & streaming video, dan lainnya. Di warnet saya, saya seting agar kecepatan streaming video hanyalah 1 mbps secara total, alias sebanyak apapun PC yang nonton youtube hanya menyedot total 1 mbps!


Mikrotik paling populer di warnet Indonesia. RB750 gr2

Updater

Updater adalah PC yang tugasnya khusus melakukan update game secara berkala. Sistemnya adalah sang PC melakukan download update secara otomatis setiap kali ada game yang diupdate. Setelah selesai, updater akan mendistribusikan langsung ke PC klien secara otomatis. Sehingga kita tidak perlu melakukan update satu-per-satu secara manual, dan setiap PC tidak perlu mendownload ulang update game yang sama berkali-kali.

Ada beberapa program updater yang cukup populer, salah satunya yang saya pake adalah Cyberindo Updater. Program ini bisa didapat secara gratis dengan mendaftarkan warnet kamu ke Cyberindo.

Saya sangat amat menyarankan updater, karena pemain pastinya ingin begitu menyalakan PC bisa langsung bermain tanpa harus menunggu update game.

Lagipula dengan updater, kita bisa memasang game cukup banyak, karena tidak repot melakukan update game-game yang jarang dimainkan sekalipun.

Beban per 20 PC:

Proxy

Proxy adalah PC khusus yang tugasnya menyimpan semua hasil browsing klien. Sehingga saat klien mengakses situs yang sama berikutnya, data diambil dari proxy, bukan dari internet, hasilnya koneksi bisa meningkat sampai 100x lebih cepat (relatif!).

Hal ini adalah benar jika situs yang diakses, sudah pernah diakses sebelumnya. Atau file yang diakses sudah pernah didownload sebelumnya.

Sejujurnya fungsi proxy semakin kesini semakin berkurang, seiring semakin cepatnya akses internet dan semakin murahnya biaya koneksi serta makin beragamnya situs yang diakses pemain.

Beban per 20 PC:

Deep Freeze

Deep Freeze (DF, atau semacamnya) adalah program yang akan mengembalikan kondisi software seperti awal. Maksudnya semua program yang dipasang klien akan dihapus secara otomatis oleh deep freeze, termasuk virus dsb. Ini penting banget buat warnet karena kita gak selalu tahu apa yang dilakukan klien, mungkin ada yang pasang program bervirus, dsb.

Program updater biasanya memiliki DF sendiri. Semua program & game yang diupdate dengan updater tidak akan hilang biarpun PC-nya direstart, tapi program yang dipasang pemain akan dihapus.

Jika updater tidak ada DF bawaan, resikonya setiap kali mau update, DF harus dimatikan secara manual. Jika tidak, semua update game akan dihapus DF.

Beban per 20 PC:

Jadi Berapa Cepat?

Maka tibalah pada kesimpulan akhir, berapa kecepatan internet yang disarankan? Kamu tinggal menjumlahkan nilai beban diatas tergantung kondisi kamu.

Misalnya kondisi warnet 20 PC:

Contohnya warnet saya: 23 PC + updater + tanpa proxy + DF bawaan:

Tentunya perhitungan ini tidaklah mutlak, tergantung dari pengalaman dan kebutuhan setiap warnet. Tapi setidaknya perhitungan ini bisa menjadi acuan awal kebutuhan bandwith warnet kamu.

Tambahan

Karena ada beberapa pertanyaan yang cukup sering diajukan lewat komentar maupun email, saya pengen menambahkan beberapa detail lanjutan dalam bentuk tanya jawab.

Apakah proxy masih dibutuhkan?

Sejujurnya tidak! Mengapa? Karena internet semakin besar sekaligus semakin personal. Tidak ada gunanya men-cache facebook, instagram, youtube, karena isinya pasti berubah-ubah. Selain itu proxy juga cukup sulit untuk di-maintain. Dari pengalaman saya, proxy hanya bertahan 3-4 bulan sebelum harus diseting ulang, apalagi di daerah saya yang namanya mati listrik agak sering terjadi. Mungkin bagi yang mengerti proxy, dapat melakukan seting ulang sendiri. Tapi bagi saya perawatan proxy terlalu memakan waktu, masih lebih baik menaikan bandwidth.

Apa itu multiplier?

Multiplier adalah angka pengali. Misalnya kalau kamu memakai koneksi 10 mbps yang dibagi 20 PC, berarti setiap PC hanya mendapatkan 0,5 mbps. Tapi karena tidak mungkin semua PC mengakses internet secara bersamaan, kamu bisa menaikan jatah per PC menjadi (misalnya) 1-2 mbps, alias 2-4x jatah sebenarnya.

Nah angka 2-4x itu lah yang disebut multiplier. Kalau pengunjung warnet rata-rata bermain game online, Facebook-an, maka bisa saja kita berikan multiplier yang tinggi. Tapi kalau pengunjung warnet rata-rata download, streaming, Youtube, maka multiplier agak rendah.

Angka ideal bisa didapat dari pengalaman dan profil pengunjung warnet. Contohnya di warnet saya, dengan koneksi 30 mbps, dipakai 23 PC, maka per PC harusnya mendapatkan jatah 1,3 mbps. Tapi saya berikan jatah 3 mbps (2,3x).


Posted By: admin
Posted On: Jan-18-2016 @ 02:05pm
Last Updated: Nov-24-2017 @ 07:16pm

There are 6 comments

Mau tanya soal koneksi
Halo Mas, Sebelumnya saya ucapkan terima kasih atas artikel2 dari mas yang sangat membantu, kebetulan saya mau buka usaha warnet, tapi masih bingung soal koneksi.. Semisal saya pake internet yang IX 5MBPS, IIX 5MBPS, sedangkan kalau 30pc butuh 6MBPS, semisal IX nya sudah terpakai 5MBPS karena diapakai ke server singapore (dota, csgo, dll), apakah 1mbps laginya bisa menggunakan koneksi IIX?

There are 1 replies on this comment
Guest Jun-18-2017
Indihome buat warnet
Makasih ya infonya. Saya ada rencana sharing ke tetangga aja udunan biar agak murah (mirip rtrw net), tapi di ketentuan indihome pasal 2.4.1 sama 2.4.2 paket indihome dilarang modifikasi jaringan yang terpasang (dibesarin) dan tidak boleh diresell. Agak ngeri jadinya. Tapi saya juga aneh, kenapa ada pasal itu tapi warnet banyak yang pakai indihome, kan warnet jelas2 resell lagi bandwidth internet dari indihomenya. Saya takutnya kena kaya kasus di bengkulu, ada yang dibikin share diperkarain.

There are 1 replies on this comment
Guest Jun-18-2017
WTA
Sorry gan,,sebelumnya ane seneng banget ada article gini jd support banget buat ane yg masih awam banget.. ane mao bikin warnet juga rencananya,,cuma ane masih bingung.. untuk multiplier it apa ya gan? Sm untul proxy itu khusus butuh 1 tumbal pc lg ya? Mohon pencerahannya gan..

There are 1 replies on this comment
Guest Nov-24-2017

More Comments/Post Your Own


Powered by qEngine
Generated in 0,015 second | 18 queries