Print This Page

Seriously

Pernikahan 1: Persiapan

Tweet
Pernikahan 1: Persiapan

Ok, ini adalah entri pertama blog ini. Jadi saya belum lama ini melangsungkan pernikahan ama mantan pacar saya, cukup lama kami pacaran. Kami ketemuan itu sejak film Transformers 1 (2007), kemudian banyak drama sana sini, akhirnya baru tahun ini kami menikah.

Kapan Menikah?

Itu pertanyaan yang paling sering dilontarkan pada pasangan. Wah, kalo ditanya gitu sih, saya juga bingung jawabnya. Gak ada batasan umur yang pasti kapan seseorang harus menikah. Tapi dari pengalaman saya sendiri, umur ideal pernikahan itu sekitar 25-35 tahun. Jadi kurang lebih setelah lulus kuliah sampai setelah bekerja dengan posisi yang cukup mantap. Kenapa begitu?

Kurang dari umur 25, biasanya masih pengen main sana sini, dan karir belum mapan. Kalo lebih dari umur 35 harus dipikirkan resiko kehamilan (terutama untuk wanita). Belum lagi harus dipikirkan masa pensiun. Jangan sampai sudah pensiun tapi anak masih kecil, sehingga masih harus banting tulang untuk membiayai sekolah anak.

Sebenarnya bagi seorang cowok, sangat jarang cowok yang merasa siap untuk menikah. Untuk itu jangan heran kalo kebanyakan cewek yang mendesak cowoknya untuk menikahinya. Sebenarnya kalo ditanya apakah saya siap untuk menikah, saya bilang, “siap gak siap”. Karena saya melihat umur saya udah tua, kemudian liat usaha saya sudah lumayan buat dapur ngepul, dan liat calon istri saya yang juga sudah gak bisa dibilang muda, jadi saya memberanikan diri untuk menikah.

Perhatian

Perlu diketahui bahwa biarpun acara pernikahan (biasanya) cuma satu hari, tapi persiapannya bisa memakan waktu yang sangat panjang dan berbelit. Blog ini bisa dijadikan acuan awal untuk melihat kerumitan persiapan sebuah pernikahan. Tapi jangan hanya bermodal blog ini saja, hubungi orang-orang yang lebih mengerti soal pernikahan, kunjungi juga forum-forum online seperti weddingku.com, bridestory.com, dsb. Agar lebih mudah, pertimbangkan menyewa wedding organizer. Jika ada pertanyaan lain, boleh juga dilontarkan di blog ini, saya akan coba jawab jika memang bisa.

Langkah-langkah pernikahan yang saya sebutkan disini adalah berdasarkan pengalaman saya. Saya sendiri melakukan prosesi lamaran secara adat Tionghoa, pemberkatan secara Kristen, dan resepsi gaya internasional. Jadi jika kamu melakukan dengan cara yang sama, blog ini bisa jadi berguna buat kamu.

Wedding 1

Penting! Cari Tanggal!

Langkah paling pertama adalah beritahu orang tua bahwa kalian ingin menikah. Di Indonesia pernikahan bukan hanya menyatukan dua orang saja, tapi juga menyatukan dua keluarga! Makanya prosesinya biasanya agak ribet.

Setelah orang tua tahu, mintalah agar mereka mencari tanggal pernikahan sementara. Disebut sementara karena pihak keluarga pasangan dapat mengajukan tanggal yang berbeda.

Setelah itu, langkah berikutnya adalah lamaran. Saya saranin untuk melamar pasangan kamu antara 6-12 bulan sebelum tanggal pernikahan, karena persiapan pernikahan itu tidak mudah.

Saat menentukan tanggal banyak hal yang harus diperhitungkan, misalnya: katekisasi (untuk agama Kristen), katekisasi pra nikah (juga untuk Kristen), persiapan resepsi (cari gedung dsb), tanggal baik, bulan baik, tahun baik (bagi yang masih percaya). Untuk itu saya sarankan untuk menentukan hari H sejak 6-12 bulan sebelumnya.

Langkah-Langkah Menuju Hari H

Ada beberapa langkah sebelum akhirnya kalian bisa resmi menikah, yaitu:

  1. Tunangan (tidak wajib)
  2. Lamaran (dalam Tionghoa disebut juga Tingjing), biasanya dilakukan 6-12 bulan sebelum hari H.
  3. Seserahan (disebut juga Sangjit), dilakukan 7-30 hari sebelum hari H.
  4. Rias kamar (Sung Chia Cuang), biasanya dilakukan 3 hari sebelum hari H, biasa hanya dilakukan oleh keluarga Tionghoa yang masih teguh memegang adat.
  5. Tepai, saya lebih suka menyebutnya Tea Pay (bayar teh). Secara tradisional dilakukan sebelum hari H, tapi sekarang umumnya dilakukan pada hari H-nya.
  6. Malam bidadari atau juga midodareni (Liauw Tiaa), itu dilakukan semalam sebelum hari H.
  7. Dan terakhir tentu saja hari H nya itu sendiri.

Karena perbedaan budaya, ada hal-hal dalam blog ini yang dapat berbeda dengan kondisi setiap orang, untuk itu lebih baik konsultasikan dengan orang tua masing-masing mengenai tata cara prosesi.

Juga karena alasan kepraktisan, banyak langkah-langkah diatas yang digabung atau malah dilewatkan pada prakteknya. Contoh pas prosesi saya, saya cuma melaksanakan lamaran (2) yang digabung dengan Sanjit (3) dan tidak melakukan upacara rias kamar.


Posted By: admin
Posted On: Oct-01-2015 @ 09:50pm
Last Updated: Oct-27-2015 @ 12:03am

There are 4 comments

sintya hiscorp
Hallo calon pengantin. Kami dari HIS K-LINK TOWER GRAND BALLROOM kami sudah menyediakan all in package jadi anda tidak perlu repot cari vendor lain karena semua sudah kami yang handle. All in package include: – Gedung (FULL AC & FULL KARPET) – Catering – Dekorasi – Rias & Busana – Bridal – Entertainment – Photography – Wedding Organizer – Bonus (MC, WEDDING CAR, HONEYMOON KE MALDIVES DAN BALI) For more info and detail: Marketing & wedding consultant Sintya 082113183031 (WA)

Guest Aug-22-2019
Untitled
Hallo calon pengantin, ada rencana menikah tapi masih bingung cari venue dan gak mau ribet?HIS Graha Elnusa (Jl. TB. Simatupang, Kav. 1B, Jakarta Selatan) menyediakan All in Package Wedding lho! Kamu gak perlu repot-repot cari vendor sana sini lagi karena kalian sudah dapat: – Fasilitas Gedung (Full karpet & AC) – Dekorasi – Catering – Rias & Busana – Entertainment – Photography – Tim WO 8 orang – Wedding Planner – Mobil Pengantin Alphard – MC + Buku Tamu BONUS: Exclusive FREE Honeymoon 3D2N ke Ayana Komodo Labuan Bajo dan FREE 200 Porsi Foodstall Millenial (Hongtang, Sushi Tei, Yoshinoya, dll) dan masih banyak bonus menarik lainnya juga lho! Untuk lebih lanjut kamu bisa hubungi: INES 085887972972 sebagai Wedding Public Relation kamu ????

Guest Oct-10-2019
Haiii Para Calon Pengantin
Haii Para Calon Pengantin.... Buat kamu yang masih bingung cari venue karena udah banyak banget venue yang di datangi dan pengen konsep syar’i atau semi Outdoor atau pengen di foodstall nya ada menu beda dari yang lain??Aku punya solusinya, solusinya ada di HIS Graha Elnusa karena kita bisa wujudkan impian kamu bagi yang mau menikah dengan konsep syar’i dan semi outdoor di tambah lagi kita punya Foodstall Millenial (Hong Tang, Sushi Tei, Yoshinoya, Gulu Gulu, Sour Sally, Baskin Robin) yang gak ada di gedung lain, yukkkkk datang ke HIS Graha Elnusa (Jl. TB. Simatupang Kav. 1B – Cilandak, Jakarta Selatan) untuk ngobrol mengenai paketnya, karena paket kita sudah All In yang gak akan bikin kamu pusing dan stress lagi. Fasilitas yang akan kamu dapatkan yaitu : -Gedung (Full Carpet & AC) -Catering (Buffet & Foodstall) -Photography -Entertaiment -Rias dan Busana -MC + Buku Tamu -1 Wedding Planner -Team WO 8 Orang -Wedding Car Alphard *Bonus : Logam Mulia 10gr , Penginapan di RA Premiere Simatupang Untuk info lebih lanjut bisa hubungi (DWI) 0857-1837-2283 wedding Public Relation

Guest Oct-24-2019

More Comments/Post Your Own


Powered by qEngine
Generated in 0,013 second | 18 queries