qEngine: Evolusi

qEngine: Evolusi

Sebelumnya saya mau menceritakan sejarah awal pemprograman saya.

Sebenernya saya mengenal pemprograman sejak saya masih SMP, waktu itu program yang saya pake tentu saja SAYA-Basic. Saya belajar secara otodidak dari buku-buku pemprograman (waktu itu internet belum ada). Setelah SMA saya pindah ke QBasic, terus QuickBasic, terus ke Turbo Pascal (tapi gak lama).

Setelah saya masuk kuliah, saya mulai mengenal PHP & web programming. Gak lama saya memasang internet untuk pertama kalinya tahun 1998. Waktu itu sih belum ada yang namanya PrestaShop, OpenCart, WordPress, Jomlaa, dsb, semua program shopping cart di internet masih langka dan mahal. Terus saya iseng-iseng buat program shopping cart sendiri, dan mulailah berjualan VCD anime secara online :)

Karena waktu itu VCD anime cukup menguntungkan, maka saya agak kendor dalam programming, dan lebih fokus ke jualan VCD. Sampai akhirnya mulai muncul penggerebekan VCD bajakan dimana-mana, ditambah era DVD mulai masuk ke Indonesia, akhirnya saya memutuskan untuk mengakhiri bisnis VCD anime.

Dari situ saya bingung juga mau bisnis apalagi, baca-baca forum Kaskus, ternyata ada sebuah thread yang meceritakan bagaimana dirinya bisa meraup uang dalam jumlah lumayan dengan membuat sebuah program dan dijual melalui internet. Dari situ saya coba mengembangkan kemampuan pemprograman saya, dan membuat program "Directory 97 PRO" (yang akhirnya menjadi qEngine & Kemana Directory).

qEngine

qEngine sebenarnya diawali dari Directory97 PRO (D97), setelah 'sukses' dengan D97 (sukses kan relatif :D), saya coba membuat program shopping cart, Cart97 PRO (C97, yang berkembang menjadi Cart Engine). Tidak lama setelah itu, mulai ada sedikit-sedikit klien saya yang justru berasal dari luar negeri (US, UK, Jerman, dsb), malah klien dari Indonesia hampir tidak ada.

Mayoritas dari klien saya meminta saya untuk membuat program khusus (customized), dan akhirnya saya membuat program qEngine yang pada dasarnya berisi framework saya sendiri, yang ngerti saya sendiri dan yang pakai tentu saja saya sendiri. Sampai saat ini pun klien saya sedikit :P

qEngine CMS

Setelah cukup banyak dipakai oleh klien saya, dan saya liat programnya cukup stabil, saya rilis qEngine sebagai qEngine CMS (qE), sebuah program CMS sederhana dan gratis yang memfokuskan diri sebagai solusi 'semi-auto'. Solusi semi-auto berarti biarpun qEngine CMS bisa dipakai untuk membuat situs sederhana (blog, news, dsb) tapi pada dasarnya qEngine lebih pada menyediakan kerangka solusi yang perlu dikembangkan sendiri agar menjadi lebih berguna. Contohnya adalah Cart Engine.

Cart Engine (CE) yang berbasis qE berbeda dengan misalnya WooCommerce-nya Word Press yang dibuat sebagai modul. CE terintegrasi secara total dengan qE, bukan modul. Artinya penggunaan CE lebih mudah dan lebih sederhana daripada memakai sebuah modul shopping cart. Biarpun saya pernah terpikirkan untuk memodifikasi CE menjadi modul qE juga, tapi saya rasa hasilnya justru lebih merepotkan daripada pendekatan sekarang.

qE memang bukan sebuah program CMS super seperti Joomla yang dapat membuat web site tanpa menyentuh satupun file php atau template. Juga tidak sepopuler Word Press yang memiliki ribuan module & template. Tapi qE memiliki kelebihan sendiri, seperti ukurannya yang relatif kecil, cukup cepat untuk dipasang di server yang lelet sekalipun, dan cukup fleksibel untuk dimodifikasi.

Contohnya adalah blog ini. Blog ini dibuat menggunakan qE tanpa modifikasi file php sedikitpun, menggunakan template default dengan modifikasi beberapa file .tpl. Tidak jelek kan.

Nah dalam kesempatan mendatang, saya pengen cerita lebih banyak mengenai qE, dan cara penggunaannya, sekaligus membahas gimana cara membuat blog sederhana dengan qE. Nantikan saja yah…

Seriously

Oh, ya, bagi yang ingin mencoba-coba qE, silahkan datang ke situs utamanya: www.c97.net/ . Untuk download, uji coba, ada di: www.c97.net/qengine-lightweight-fast-powerful-cms.php. Program ini gratis dan bisa dimodifikasi sesukanya.

PS. Kalau ada yang minat membuat situs apa saja, silahkan kontak saya! Harga mah dijamin terjangkau lah.


Posted By: admin
Posted On: Nov-23-2015 @ 11:50pm
Last Updated: Nov-24-2015 @ 12:03am

There is no comment

More Comments/Post Your Own