Print This Page

Seriously

The Great Wall

Tweet
The Great Wall

Kali ini gw mau ngebahas sebuah film unik yang baru tayang di bioskop nasional, "The Great Wall", sebuah film China dengan budjet paling besar di sejarah perfilman China. Saat gw nonton di XXI, ruangan teater yang paling besar itu terisi penuh sampai kursi paling depan. Not bad…

Film ini bercerita tentang William (Matt Damon) & Travor (Pedro Pascal), dua tentara bayaran dari Eropa, sedang bertualang ke negeri China untuk mencari bubuk hitam (mesiu) agar dapat menjadi tentara terkuat di dunia. Tidak dinyana, di negeri tersebut mereka dikejar-kejar bandit sampai akhirnya nyasar ke sebuah tembok super panjang dan super tinggi.

Di tembok besar tersebut William bertemu dengan Jenderal tercantik dalam sejarah, Jenderal Lin (Jing Tian), ahli strategi perang Wang (Andy Lau) dan lain-lain.

Ternyata para tentara China tersebut sedang mempersiapkan diri untuk berperang melawan para monster yang berniat memasuki ibu kota China. Monster nya sendiri sangat banyak, dan diperparah karena monsternya sangat pintar dan dapat berevolusi.

Sampai pada satu peperangan William menyaksikan sendiri kehebatan bubuk hitam. Maka mereka pun berniat untuk mencuri bubuk hitam tersebut dan membawanya ke luar China.

Akankah rencana William berhasil? Apakah prajurit China berhasil mengalahkan monster-monster tersebut? Bagaimana nasib Andy Lau dalam film ini?

Review

Kenapa gw bilang film ini unik?

Pertama, film ini adalah film hasil kerja sama Hollywood & China. Tapi, gak tepat juga. Film ini dibuat oleh studio Legendary East (LES) yang merupakan anak perusahaan Legendary Entertainment (LET) yang terkenal dengan Pacific Rim & Jurassic World. LES sendiri merupakan kolaborasi LET dengan perusahaan China. Kemudian LET dibeli oleh Wanda Group, sebuah konglomerat asal China.

Sehingga saat film ini dirilis, dapat dibilang film ini adalah 90% produksi China, biarpun sebenernya tidak juga.

Kedua, biarpun film ini mengangkat sejarah tembok raksasa, tapi cerita dalam film ini bener-bener fiksi total. Bahkan di negara China-nya sendiri, film ini menuai kontroversi dari pengamat film. Bagaimana sebuah tembok besar yang secara sejarah dibangun untuk menghalau suku luar, pada film ini digambarkan menghalau monster alien lengkap dengan mekanik kuno super canggih.

Ketiga, biarpun secara teori ini adalah film China yang disutradari Zhang Yimou dengan seting di China dan budaya China serta dengan (beberapa) Bahasa Mandarin, tapi karakter utamanya tetap bule, jadi inti ceritanya tetap 'west helps east'.

Terlepas dari kontroversi tersebut, budjet film ini tidak main-main, konon sekira $150 juta! Gak kalah dengan film Hollywood lain. Gak heran kalau efeknya cukup lumayan karena dikerjakan oleh ILM & Weta Workshop.

Saat pembukaan film ini, gw sempat teringat dengan film Pacific Rim. Pada penyerangan monster pertama, diperlihatkan bagaimana sibuknya persiapan para prajurit dalam menyambut serangan tersebut. Persiapannya terlihat detail sekali, lengkap dengan mekanik-mekanik manual yang super rumit. Super keren banget. Kayaknya tiket film sudah terbayar dengan adegan ini.

Efek CGI film ini cukup baik, terutama monsternya. Biarpun monsternya terasa agak mirip kaiju dengan pendekatan ala bule daripada kaiju asia, mungkin mereka menggunakan desain kaiju Pacific Rim.  Adegan serangan brutal yang menyerupai banjir disajikan dengan sangat apik. Pokoknya beda jauh dengan film full CGI-nya The Monkey King.

Hanya saja pada pertengahan film, entah perasaan gw saja, tapi rasanya kualitas film menurun cukup drastis. CGI-nya terlihat fake, dan pencahayaannya bersaing dengan sinetron. Entah cuma perasaan gw, atau kamera proyektornya bermasalah, atau emang bener demi mengejar budjet. Entahlah.

Seriously…

Menurut gw, film ini cocok banget buat ditonton sambil makan popcorn dan membawa keluarga. Ceritanya memang sederhana, gak ada kejutan berarti, datar. Tapi film ini berisi banyak banget action, CGI yang cukup megah, fantasi liar yang luar biasa dan banyak budaya Asianya.

Dari segi cerita gw kasih 50%. Tapi dari segi hiburan gw kasih 70%. Overall 60%


Posted By: admin
Posted On: Jan-12-2017 @ 11:55pm
Last Updated: Jan-13-2017 @ 12:13am

There is no comment

More Comments/Post Your Own


Powered by qEngine
Generated in 0,009 second | 15 queries