Print This Page

Seriously

Tutorial Membangun Blog dengan qEngine: Part 4

Tweet
Tutorial Membangun Blog dengan qEngine: Part 4

Pada bab terakhir dari tutorial qEngine, saya ingin mendiskusikan beberapa hal-hal kecil seperti multiskin, common skin, language variabel, dan lainnya.

Multiskin & Common Skin

qEngine mendukung multi skin tetapi hanya satu skin yang dapat aktif setiap saat. Membuat skin baru untuk qEngine sangat mudah:

  1. Salin folder /skin/default & isinya ke folder /skin/mySkin.
  2. Modifikasi /skins/mySkin/outline.tpl, jangan lupa untuk mengubah nilai CSS untuk mengacu ke folder baru.
  3. Untuk mengaktifkan skin baru, pergi ke ACP > Tools > Site Configuration > Engine Settings > [Tab] Look & Feel, pada pengaturan Template, pilih skin baru.

Common Skin

Kamu mungkin bertanya-tanya file di folder /skin/default itu sangat amat sedikit sekali, itu karena qEngine juga menggunakan file di folder /skin/_common sebagai shared template.

Jika kamu membuka folder /skin/_common, kamu bakal melihat lebih banyak file yang lain di sana, misalnya: page.tpl, page_list.tpl, default.css, jscript.css, dll

Saat qEngine tidak dapat menemukan file di /skins/[skin_folder], qEngine akan mencoba untuk mencari file tersebut dalam /skins/_common. Misalnya, ketika Anda membuka halaman "About Us":

  1. qEngine akan mencoba untuk membuka /skins/[current_skin]/page.tpl
  2. Jika qEngine tidak dapat menemukan file itu, qEngine akan mencoba untuk menemukannya di /skins/_common/page.tpl
  3. Jika file tetap tidak ditemukan, qEngine akan menampilkan pesan kesalahan.

Pendekatan ini memungkinkan kamu untuk membuat template page.tpl unik untuk template tertentu, atau kamu dapat menggunakan page.tpl bawaan untuk menghemat waktu & ruang juga untuk menjaga desain yang konsisten disemua skin.

Language Variable

Ketika mengedit file template kamu mungkin menemukan beberapa template variables, seperti {$main_body}, Tutorial Membangun Blog dengan qEngine: Part 4, {$page_body}, dan language variables, yang ditunjukkan oleh awalan {$l_}, misalnya {$l_posted_by}, {$l_posted_on}, {$l_posted_date}.

Template vars biasanya tergantung pada skrip. Misalnya kamu tidak dapat menggunakan Tutorial Membangun Blog dengan qEngine: Part 4 di contact.tpl, atau {$page_image} dalam welcome.tpl.

Namun, tidak seperti template vars, language vars lebih fleksibel, kamu dapat menggunakannya di mana saja. Misalnya, kamu dapat menggunakan {$l_welcome} dalam file template manapun. Ada beberapa language vars yang hanya dapat digunakan dalam file tertentu, tetapi kebanyakan dapat digunakan di mana saja.

Untuk mengubah nilai untuk language vars, buka ACP > Tools > Language Editor. Disitu kamu dapat melihat, mengedit dan bahkan menambahkan language vars baru.

Template Control

qEngine juga memiliki beberapa tag kontrol sederhana, yaitu:

Untuk informasi lebih lanjut tentang hal ini, silakan kunjungi dokumentasi lama saya: http://www.c97.net/docs/3-skinning.php

That's All, Folks!

Dalam bab ini singkat, kita sudah mengakhiri tutorial singkat memodifikasi qEngine. Seperti yang telah kamu pelajari, memodifikasi qEngine itu sangat mudah. Dengan kemungkinan yang luar biasa. Tetapi jika ada hal-hal yang ingin ditanyakan, sampaikan saja di komentar atau forum.

Pada tutorial mendatang kita akan membahas penggunaan Cart Engine & Kemana Direktory. Tutorial tidak akan membaha cara memodifikasi skrip tersebut, karena keduanya berbasis qEngine, tapi lebih pada seting & penggunaan sehari-hari.


Posted By: admin
Posted On: Dec-24-2016 @ 02:05pm
Last Updated: Dec-24-2016 @ 02:24pm

There is no comment

More Comments/Post Your Own


Powered by qEngine
Generated in 0,008 second | 15 queries