Comments on "Membangun Warnet - Part 5: Koneksi"

Your Comment
captcha

There are 6 comments.


Mau tanya soal koneksi
Halo Mas, Sebelumnya saya ucapkan terima kasih atas artikel2 dari mas yang sangat membantu, kebetulan saya mau buka usaha warnet, tapi masih bingung soal koneksi.. Semisal saya pake internet yang IX 5MBPS, IIX 5MBPS, sedangkan kalau 30pc butuh 6MBPS, semisal IX nya sudah terpakai 5MBPS karena diapakai ke server singapore (dota, csgo, dll), apakah 1mbps laginya bisa menggunakan koneksi IIX?
Guest Jun-18-2017
re:Mau tanya soal koneksi
Harusnya gak masalah, biarpun cuma 5 mbps buat IX. Karena kan asumsi 5 mbps itu untuk jaga-jaga kalau semua PC mengakses pada saat yang sama. Pada kenyataannya hampir gak mungkin semua PC mengakses pada saat yang sama, pastinya giliran. Kalaupun sampai semua PC mengakses pada saat yang sama, konsekuensinya koneksi akan menurun 10-20%, tapi setelah itu koneksi akan kembali normal.
Guest Jun-18-2017
Indihome buat warnet
Makasih ya infonya. Saya ada rencana sharing ke tetangga aja udunan biar agak murah (mirip rtrw net), tapi di ketentuan indihome pasal 2.4.1 sama 2.4.2 paket indihome dilarang modifikasi jaringan yang terpasang (dibesarin) dan tidak boleh diresell. Agak ngeri jadinya. Tapi saya juga aneh, kenapa ada pasal itu tapi warnet banyak yang pakai indihome, kan warnet jelas2 resell lagi bandwidth internet dari indihomenya. Saya takutnya kena kaya kasus di bengkulu, ada yang dibikin share diperkarain.
Guest Jun-18-2017
re:Indihome buat warnet
Sebenernya kalo warnet itu bukan resell bandwidth, tapi menjual jasa layanan rental pc disertai koneksi internet. Kalo resell itu hanya menjual koneksinya saja, tanpa disertai jasa lainnya. Tapi buat pastinya coba ditanyakan langsung ke plasa Telkom terdekat.
Guest Jun-18-2017
WTA
Sorry gan,,sebelumnya ane seneng banget ada article gini jd support banget buat ane yg masih awam banget.. ane mao bikin warnet juga rencananya,,cuma ane masih bingung.. untuk multiplier it apa ya gan? Sm untul proxy itu khusus butuh 1 tumbal pc lg ya? Mohon pencerahannya gan..
Guest Nov-24-2017
re:WTA
Hi, untuk multiplier, saya coba jelaskan lebih detail pada update blog diatas. Soal proxy, teorinya bisa digabung dengan billing atau server game. Tapi sebaiknya dipisah.
admin Nov-24-2017
Saya mau tanya mas
Sepesifikasi yang di gunakan clien itu membutuhkan spesifikasi berapa mas
Guest May-13-2018
re:Saya mau tanya mas
Bisa dilihat di blog saya yang lainnya, mas: http://seriously.c97.net/blog/membangun-warnet-part-4-komputer.php (tapi sekarang sudah tidak update, saya sarankan pakai AMD Ryzen APU 2200G)
admin May-13-2018
operator
bagaimana cara menyeting kecepatan pada Pc server.. karena server dan client berbeda spek.. apakah kapasitas hardisk di server lebih kecil dari client dapat mempengaruhi kecepatan pada server,,, dikarenakan untuk update game saja di client sangat lambat... mohon bantuannya...
Guest Jun-19-2019
re:operator
Spek tidak mempengaruhi kecepatan koneksi. Jadi bebas saja server & klien memiliki kecepatan koneksi yang berbeda. Demikian juga untuk hard-disk. Kecepatan update di klien tergantu kecepatan koneksi klien itu sendiri. Kalau pakai updater Garena, juga dipengaruhi kesibukan server.
Guest Jun-19-2019
ask
kang ane cuma punya 5 client pake wifi 20mbps di bagi brp ya bandwithnya.+di pake buat wifi an juga sama anak2 ngopi gmna tuh gan bagi bandwith komputer sama hp
Guest Aug-09-2019
re:ask
Kalo 20 mbps buat 5 PC mah bisa @ 4-8 mbps. Kalo wifi-nya gratis, saran saya mah kasih aja 2-3 mbps, takutnya kalo terlalu besar malah banyak yang minta wifi gratis tapi gak main. Kecuali kalo wifi-nya bayar itu bisa disamakan dengan PC.
admin Aug-12-2019